Wednesday, April 11, 2012

Balada Pencari Magang

Kebetulan semester 7 ini ada mata kuliah yang namanya "MAGANG" hadeh susah banget ya nyari tempat magang, sama aja kaya nyari tempat kerja ...
begitu banyak rintangan yang harus gue hadapi untuk mendapatkan tempat magang, untungnya perjuangan itu gue lakuin bersama sahabat gue "Susan Zulfianti", entahlah bagaimana tanpa dia >,<

Dari kampus, mesti ngisi surat untuk 2 tempat magang akhirnya gue memilih stasiun televisi swasta yang berinisial "A" dan juga televisi lokal yang inisial "B", hhemmm ...

kebetulan gue langsung taro CV dan surat pengantar magang dari kampus untuk 2 stasiun televisi tersebut. Dan dapet kabar dari stasiun TV B itu, mereka menanyakan apakah kita masih ada jadwal kuliah, saya jawab "Iya, masih ada 2 matakuliah yaitu hari senin dan kamis saja, ternyata jawaban mereka "Kita, hanya menerima mahasiswa yang sudah tidak ada lagi kuliah untuk magang disini, karena waktu kerja Full Time dari jam 9 sampai jam 5 sore, sama seperti jam kerja kantor... Tidak ada gaji, hanya dapat kupon makan saja".

*Yasudahlah mungkin, stasiun televisi tersebut belom jodoh (masa iya, harus mengalahkan kuliah saya)

Beberapa hari kemudian dapet kabar dari stasiun TV A, bahwa akan ada interview dengan pihak HRD. Mereka meminta untuk membawa teman yang belum magang (dalam hati, pasti gue keterima karna kayanya mereka lagi butuh banyak anak magang).
Hari interview itu tiba, rasa deg-degan berkecamuk di dada, saya membawa Arief, Merlin, dan juga Susan untuk ikut interview.. 
Interview pertama saja dengan HRD sudah ditanya banyak pertanyaan, mulai dari :
1. kenapa memilih stasiun televisi ini
2. kelebihan dan kekurangan pribadi
*pokoknya persis seperti interview lamaran kerja deh.

Kami harus menunggu kabar selanjutnya dari mereka, untuk mengikuti tahap selanjutnya. 2 hari setelah melakukan interview , ternyata saya ditelpon kembali untuk datang bertemu User, tetapi hanya aku dan arief saja yang ditelpon sedangkan kedua temanku lainnya nggak *sedih (padahal bareng-bareng, rasa kesan gak enak itu berasa banget)

suruh dateng jam 2, tapi baru interview jam 6 (menjelang maghrib), ya Allah begini amat ya ..
(itu nahan rasa pipis seharian), hhaaa
dan akhirnya giliran gue buat di interview sama user..

beberapa hari kemudian, saya gak dapet kabar tapi temen gue si arief dapet kabar buat dateng lagi, hhuuaaa enak sekali (sedih rasanya)

akhirnya, aku sama Susan langsung melancarkan serangan grasak-grusuk (mengirimkan lamaran magang ke stasiun televisi yang ada), karena sudah panik mengenai deadline magang, rata-rata semua teman udah pada magang tinggal segelintir aja *sedih, rasa iri berkecamuk

Ada temen nawarin, mau gak magang di RCTI tapi bukan di produksi melaikan bagian PR&D (yaitu tempat analisis data program) padahal ngarepnya sih di poduksi, biar pas sama ilmu yang udah di dapet 
Hahsudahlah lepaskan mindset itu, dan langsung dateng aja kesana buat naruh surat magang kebetulan langsung interview, dan langsung diterima besoknya mesti magang
(cuma kok rada gak seneng ya, karena gue berharap dapat di bagian produksi) 

Hari pertama magang tiba, pertama perkenalan dengan karyawan dibagian tersebut kebetulan dapet tugas untuk menulis data Minute by Minute (MBM) News, Entertainment.

"Ini dia ID Card Magang di RCTI selama 2 bulan dari periode 24 Oktober - 23 Desember 2011"(foto gue jelek amat ya, kaku gitu.. hhaaaa)
"Diambil candid sama si Susan saat melakukan tugas MBM Program" *hhaaa sampe nganga gitu ngerjainnya, anteng bener depan komputer....
 "Ini foto waktu dapet tugas survey by phone ke pemirsa televisi, ini pekerjaan yang sempet bikin gue down, habis baru nelp di bilang penipu, nawarin barang (dikira speedy),  langsung ditutup.. tapi ada lucunya juga, ada yang sampe curhat, pamer jumlah TV, curhat keluarganya *kocak
 "akhir magang, foto bersama karyawan PR&D dan anak magang lainnya dulu buat kenangan *terimakasih atas semua yang telah diberikan (pengalaman yang tidak terlupakan)"
"Foto yang diatas, bersama anak magang, kalo yang dibawah sama sekretaris bagian PR&D, kita cukup deket suka cerita tentand Drama Korea, hheee"
(Kebetulan di ruangan PR&D ini, rata-rata pecinta drama korea)

Begitulah cerita, upaya ku mendapatkan tempat magang dan akhirnya dapat di stasiun swasta pertama di Indonesia, RCTI *thank you ...

"sebelum menutup kisah ini, ada baiknya menampilkan foto aku yang bergaya di kantor, hhaaaa"

Please follow @intinueshop
Also me..@intansubrianto and my Instagram: Intansubrianto

1 comment:

  1. waktu interview di rcti ditanyain seputar apa kak? mohon infonya, soalnya tanggal 3 mau interview juga dsna :))

    ReplyDelete

Followers